WISATA DI KEPULAUAN SERIBU

Paket Wisata Pulau Seribu

Beranda » Mengenal Pulau Panggang Di Kepulauan Seribu

Mengenal Pulau Panggang Di Kepulauan Seribu

Mengenal Pulau Panggang Di Kepulauan Seribu

Mengenal Pulau Panggang Di Kepulauan Seribu

Pulau Panggang Di Kepulauan Seribu adalah sebuah Kelurahan yang termasuk dalam wilayah kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Terdapat 2 pulau dihuni dan 11 pulau tidak berpenghuni di kelurahan ini.

Meskipun padat penduduk, tetapi Pulau Panggang hanya memiliki jalan-jalan setapak dan belum banyak mengalami perkembangan yang terlihat jelas. Di Pulau Panggangnya sendiri, terdapat Kantor Lurah Pulau Panggang, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanjong Timor, dan Puskesmas. Pulau Panggang merupakan pulau terpadat di kepulauan seribu. Jumlah Pulau di Kelurahan Pulau Panggang sebanyak 13 pulau, dan yang berpenduduk ada 2 pulau, yaitu Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan Pantai Matahari Terbit (Sunrise) Pulau Pramuka di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara untuk menang pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Oleh karena itu, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meminta sejumlah personel Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait untuk menginventarisasi sarana dan prasarana yang perlu perbaikan dan penambahan di lokasi wisata itu agar Kelurahan Pulau ini bisa memenangi tujuh kategori dalam penilaian ADWI tahun ini.

“Kami ingin menginventarisasi sarana dan prasarana yang harus diperbaiki maupun ditambah untuk memenuhi tujuh kategori dalam penilaian lomba ADWI,” ujar Junaedi di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat.

Fakta Unik Pulau Panggang Di Kepulauan Seribu

Kelurahan Pulau ini , Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mendukung kegiatan Studi Wisata Yayasan Al-Hidayah. Kegiatan studi wisata yang diselenggarakan di Cibodas, Bogor pada 5-7 Agustus tahun 2022 tersebut diikuti puluhan peserta anak yatim piatu Yayasan Al Hidayah Pulau Panggang.

Menurut Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanuddin, kegiatan ini sangat positif sekali, khususnya untuk mewujudkan solidaritas antar sesama, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara serta meningkatkan wawasan, kemampuan, kesadaran, dan rasa cinta peserta didik terhadap permasalahan empiris di lingkungan hidupnya.

Junaedi menambahkan, selain Sunrise Beach, Kelurahan Pulau Panggang memiliki Taman Mangrove, ekosistem terumbu karang dan Pulau Margasatwa Elang Bondol yang merupakan maskot Provinsi DKI Jakarta di Pulau Kotok.

Baca juga: Fakta Menarik Kepulauan Seribu

“Kami juga mengajak investor untuk membangun kawasan wisata baru di Pulau Pramuka yang bisa menjadi daya tarik bagi turis lokal maupun mancanegara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Puji Astuti optimistis Kelurahan Pulau ini bisa memenangi dua dari tujuh kategori ADWI 2022, seperti kategori rumah singgah (homestay) maupun desa digital.

“Persiapan sudah sangat baik karena di sini sudah banyak ikon-ikon wisata yang menarik dan siap dilombakan. Kami optimistis Kelurahan Pulau Panggang bisa terpilih menjadi yang terbaik pada ajang ADWI¬†2022,” kata Puji.

admin_8bjuvygb

Kembali ke atas